SELAMAT DATANG di BLOG saya. SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 15 Oktober 2012

Pertanyaan Sejarah

SOAL
1.            Apakah Taiwan termasuk peradaban dari Cina Kuno?
2.            Apa penjelasan dari musim bunga dan musim luruh dari rangkuman yang anda buat?
3.        Sebutkan tokoh dari peradapan Cina selain Laksamana Cheng Ho yang mempengaruhi di Indonesia?
4.            Apa perbedaan cara berlatih dari aliran Budha dan aliran Tao?
5.            Apa yang di maksud dengan ajaran Konfusianisme?
6.    Kenapa hanya ajaran konfusianisme saja yang berpengaruh di Indonesia kenapa tidak Taoisme?
7.      Sebutkan kerajaan – kerajaan yang ada di Cina yang berpengaruh besar oleh peradaban Cina?
8.            Faktor apa yang menyebabkan budaya Cina dapat di terima di Negara Indonesia?
9.       Kenapa pusat peradapan berada di sungai Hwang Ho, padahal pada musim dingin sungai Hwang Ho itu dapat membeku?

JAWABAN
1.       Ya termasuk, karena pada perang saudara terakhir di Cina, perang ini berakhir dengan jalan buntu dan mengakibatkan adanya dua negara yang memiliki dua nama Cina yaitu Republik Rakyat Cina - yang lebih umum dikenal sebagai Cina dan pemerintahnya berkuasa atas Cina daratan, Hong Kong, serta Makau; yang kedua adalah Republik Cina (ROC) - yang lebih umum dikenal sebagai "Taiwan", dan pemerintahnya berkuasa atas Pulau Taiwan dan pulau-pulau disekelilingnya. Namun banyak negara lainnya berpendapat bahwa secara resmi daerah yang diperintah oleh Taiwan merupakan bagian dari Republik Rakyat Cina.
2.         Musim Luruh atau Musim Gugur (bahasa Inggeris: autumn) adalah salah satu dari empat musim di daerah beriklim serdahana. Musim ini adalah musim peralihan dari musim panas ke musim sejuk.Dalam zon berhawa sedang, musim luruh adalah musim di mana kebanyakkan tumbuhan ditunai, dan pokok-pokok deciduous menggugurkan daun-daun mereka. Ia juga merupakan musim di mana hari siang bertambah pendek dan bercuaca dingin (terutama di latitud utara), dan peningkatan presipitasi di beberapa bagian dunia.
Musim Bunga merupakan salah satu daripada empat musim dalam zon sederhana, serta berperanan sebagai musim peralihan daripada musim sejuk kepada musim panas.
3.    Kubhi Lai Khan yang mendirikan Dinasti Yuan atau Mongol yang pernah mengadakan serangan ke Pulau Jawa khususnya ke Kerajaan Singosari di masa pemerintahan Kertanegara.
4.            Budha lebih menjurus pada kerohanian dan Tao lebih menjurus pada kesehatan.
5.   Ajaran konfusianisme biasa di sebut Ju Chia (Kung Chia),orang banyak menyebutnya Confusianisme. Pokok – pokok ajarannya terletak pada Li,Ren an I. Jika manusia atau masyarakat telah memegang teguh Li,Ren dan I,maka dunia akan damai.Li adalah adat istiadat. Ren yakni peri kemanusiaan, dan I yakni peri keadilan.
6.    Karena masyarakat Cina menganggap bahwa jika berpegang teguh pada ajaran konfusianisme maka dunia akan damai dan masyarakat akan sejahtera.
7.            - Dinasti Chin
Dinasti ini didirikan oleh Shih Huang Ti yang telah berhasil membangun  The Great Wall atau Tembok Besar Cina.
- Dinasti Han
   Dinasti ini didirikan oleh Liu Pang yang telah berhasil dibangunnta jalan sutera melalui Asia Tengah. Dikenal “ jalan sutera “, karena di antara barang dagangan yang dibawa lewat jalan tersebut yang banyak adalah sutera.
8.            Karena dahulu Cina sering berdagang di Indonesia terus timbul perkawinan antara orang Cina dan orang Indonesia sehingga memunculkan kebudayaan – kebudayaan baru, Imigrasi yang terjadi pada suatu Negara.
9.         Karena Sungai Kuning ( Hwang Ho) itu sungainya subur dan merupakan denyut adi orang Cina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar