SELAMAT DATANG di BLOG saya. SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 15 Oktober 2012

Contoh Naskah Drama


Pagi yang cerah dalam indahnya mentari pagi. Burung-burung mulai beterbangan mencari makanan. Lalu lalang kendaraan bermotor dan banyak siswa-siswi yang berangkat menuju sekolah.
*Di halaman kelas*
Ria       : Selamat pagi, Sofi.
Sofi     : Selamat pagi juga, Ria.
Tika     : Hai, selamat pagi semua.
Ria       : Gimana neh kabarnya?
Sofi     : Ehm. . . Alhamdulillah baik-baik aja. Kalo kamu, Tika?
Tika     : Kabarku pasti baik-baik aja dong. Kalau Ria..??? Gimana..??
Ria       : Pasti baik juga dong!
Sofi     : Lama ya nggak ketemu kamu, kira-kira sudah 2 mingguan. Liburan kemana aja neh?
Ria       : Ah, aku gag kmana-mana kug. Di rumah aja sudah seneng.
Tika     : Kalau aku seh, main ke rumahnya nenek aja. Biasa, ikut main-main di sawah. Hehehehe...
Sofi     : Uh begitu... Asyik dunk!!

            Tiba – tiba datangah si Laili, dengan gaya penuh dengan percaya diri.
Ria       : Eh, Sof. Liat tu, ada si Laili.
Sofi     : Eh eh, iya e. . . HemMm... Liat tu gayanya berjalan. Huh, kayak artis aja tu.
Ria       : Aku liatnya jagu enek.
Tika     : Ah, enggak boleh begitu. Dia kan teman kita juga.
Sofi     : Haha, aku juga enek Ria.
Ria       : Huh, dia dateng kesini tu.
Laili     : Heh, pada ngomogin aku ya..?
Sofi     : Ya enggag lah, ngapain ngomongin kamu. Kurang kerjaan aja.
Ria       : Hahaha, GR banget!!
Laili     : Ya siapa tau ja kamu kurang kerjaan. Terus, ngomongin aku.
Sofi     : Huhhh. . . DASAR!
Tika     : Laili, ayo masuk ke kelas??
Laili     : Iya Tika.

Bel masuk kelas sudah berbunyi dan pelajaran pun siap dimulai.
*Saat pelajaran Pak Wahyu dan Pak Wahyu sudah selesai menjelaskan materi tentang “Peluang” dalam pelajaran Matematika*
Pak Wahyu : Ria, Sofi! ( sambil kesal ) Kesini..!!
Ria dan Sofi : Iya pak
Pak Wahyu : Tolong dijelaskan lagi tentang yang saja terangkan ini tadi.
Ria       : Hehehe, maaf pak. Saya enggak tau.
Sofi     : Maaf, pak. Kami berdua enggak tau.
Pak Wahyu : Kalian berdua ini gimana seh..!!! Saya sudah capk-capk jelasin. Eh, kalian berdua malah asyik ngobrol.
Ria : Maaf, pak. Kami berdua khilaf.
Pak Wahyu : Iya, kali ini saya masih mempunyai rasa sabar. Tapi, untuk lain kali. Saya tidak segan-segan menghukum untuk kalian yang tidak memperhatikan pelajaran saya. Untuk Laili, pasti kamu sudah bisa dengan apa yang sudah saya jelaskan. ( dengan nada halus ). Untuk Sofi dan Ria, kalian berdua silahkan duduk dan jangan mengulangi kejadian ini tadi.
Sofi dan Ria : Terimakasih, Pak.

Bel istirahat sudah berbunyi dan saatnya Pak Wahyu meninggalkan kelas dan tak lupa beliau memberikan PR untuk muridnya.
Pak Wahyu : Anak-anak, tolong dikerjakan Paket Matematika hal. 43 ya?
Semua murid : Iya, Pak.

*Saat di Kantin Sekolah*
Sofi     : Huhh, selalu Laili yang dipuji
Ria       : Iya neh, kenapa seh selalu dia ja.
Sofi     : Iya neh. Aku gag suka benget!
Ria       : Sofi, Sofi. Aku punya ide.
Sofi     : Ide apa?
Ria       : Gimana kalau kita ngerjain si Laili. Biar gag dipuji lagi sama Pak Wahyu.
Sofi     : Wah, ide bagus tu.
Saat di Kantin, Tika mendengar omongannya si Sofi dan si Laili. Dan Tika pun memendam omongannya Ria dan Sofi. Tika adalah teman dekatnya Laili.

*Keesokan harinya*
Saat pelajaran Pak Wahyu
Pak Wahyu : Selamat pagi, anak-anak.
Semua Murid : Selamat pagi, Pak.
Pak Wahyu : Gimana PR-nya? Sudah dikerjakan?
Semua Murid : Sudah pak. . .
Pak Wahyu : Dikumpulkan ya anak-anak?
Semua Murid : Iya, Pak.
 Laili    : Lhoo!!! PR-ku mana? Kug gag ada..!!! ( dengan nada keras dan kaget )
Pak Wahyu : Ada apa Laili?
Laili     : Ini pak, PR saya enggak ada.
Pak Wahyu : Lho! Ko’ bisa. Jangan bilang kalau kamu enggak ngerjakan PR-nya.
Laili     : Enggak pak, saya. . . ( terpotonglah perkataan dari Laili karena dipotong oleh Pak Wahyu )
Pak Wahyu : Tolong dijelaskan di ruang BK saja.


Karena Pak Wahyu adalah Guru yang Tegas. Beliau pun melaporkan kejadian ini ke Bimbingan Konseling atau yang biasanya disebut dengan BK. Laili dilaporkan karena tidak mengerjakan PR agar Laili sadar apa yang dilakukannya itu salah.
*Saat di Ruang BK*
Pak Wahyu : Pak Basofi, saya ingin melaporkan bahwa tadi saat pelajaran saya. Laili tidak menegerjakan Tugasnya untunk mengerjakan PR.
Pak Basofi : Oh, iya Pak saya catat dulu kejadian perkaranya.
Pak Wahyu : Iya Pak Basofi
Pak Basofi : Laili, tolong dijelaskan kenapa kamu tidak mengerjakan Tugas dari Pak Wahyu.
Laili     : Bukannya saya tidak mengerjakan, Pak. Saya kemarin itu sudah mengerjakan tugas dari Pak Wahyu.
Pak Basofi : Enggak bohong...???
Laili     : Iya, Pak. Saya enggak bohong.
Dengan kejadian melaporkan perkara Laili dengan Pak Wahyu. Laili menjadi tidak masuk sekolah selama beberapa hari.

*Saat di kelas*
Tika     : Eh, Laili kug masih belum masuk ya.? Kira-kira kenpa ya?
Ria       : Wah, aku enggak tau e Tika.
Sofi     : Lha kemu, Tika. Kamu kan sahabat’e..??
Tika     : Iya seh, tapi lho nomer hapenya enggak aktif.
Ria       : Uhw begitu.

Saat mereka bertiga asyik ngobrol tentang Laili. Ternyta ada Pengumuman.
Ria       : Eh eh eh, diam! Ada pengumuman tu.
Sofi     : Iya e. . .

Pengumumannya adalah bahwa Laili telah meninggalkan dunia.
Tika     : Lho, Laili kenapa ko’ bisa meninggalkan dunia. Apa karena kejadian di BK untuk beberapa hari kemarin.
Sofi     : Wah, kalau itu saya enggak tau e Tika.

*Saat Pelajaran dimulai*
Tika menemukan buku Laili yang tertinggal di kelas. Dan ternyata itu adalah buku hariannya Laili. Tika membaca bagian tentang penyakit yang sudah lama diidap oleh Laili. Setiap Laili memikirkan sesuatu terlalu membebankan pikiran Laili, penyakit itu menjadi kambuh. Sehingga kondisi Laili menjadi DROP. Sampai-sampai Laili dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Sampai sekarang Tika tidak ingin ada yang disalahkan oelh kejadian ini. Biar Tuhan yang Tahu semuanya.


TAMAT
TERDIAM

Pemain :
1.     Laili : Siswi yang mempunyai sifat penuh percaya diri dan dia mempunyai penyakit yang belum diketahui oleh teman-temannya
2.     Sofi : Siswi yang benci terhadap Laili
3.     Ria : Siswi yang benci terhadap Laili
4.     Tika : Teman dari Laili
5.     Basofi : Guru BK
6.     Wahyu : Guru Matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar