SELAMAT DATANG di BLOG saya. SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 15 Oktober 2012

Contoh Skenario Drama


Jaka Tarub dan 4 Bidadari

       Pada jaman sekarang hiduplah 2 bersahabat yaitu Jaka Tarub dan Jaka Tingkir. Mereka tinggal di Desa Puri. Mereka bersahabat dari kecil dan kebiasaan mereka adalah memancing.
Jaka Tarub    : Hai Tingkir, gimana neh? Kamu tadi sudah dapat ikan ta? Aku belum eh. . .
Jaka Tingkir  : Belum eh, gimana neh?
Jaka Tarub    : Ehm. . . Aku tak kesungai sebelah sana ya? Kamu ke sungai sebelah sana.
Jaka Tingkir  : Iya wes, terserah.
*
Bidadari Pink : Wah air sungai ini seger banget ya. . .
Bidadari Biru             : Iya e Pink, airnya seger banget!
Bidadari Putih           : Wah, bisa lama-lama neh disini.
Bidadari Ungu            : Hahaha, iya neh!
*
Bidadari Biru : Teman, mataharinya udah mau tenggelam neh?
Bidadari Putih           :Iya neh! Udah dulu yuk.
Bidadari Ungu            : Iya neh, bener kata Bidadari Pink. Ayo kita pulang.
Bidadari Pink : Ayo!
*
Bidadari Pink : Lho!!! Selendangku mana?
Bidadari Biru : Emank tadi kamu taruh mana seh?
Bidadari Pink : Tadi lho aku taruh disini?
Bidadari Ungu            : Dari pada ngomong aja. Mending kita cari, keburu matahinya tenggelam.
Bidadari Putih           : Iya Ungu, aku juga bantuin nyari.
*
Bidadari Putih           : Aduh, mataharinya mau tenggelam neh?
Bidadari Ungu            : Trus gimana?
Bidadari  Pink            : Iya seh! Tapi gimana? Sedangkan selendangku belum ketemu. Kalian gag akan tinggalain aku kan?
Bidadari Ungu            : Maaf ya Pink. . .
Biadari Biru    : Kita terpaksa meninggalkanmu disini.
Bidadari Pink : Please jangantinggalin aku, teman. Akau takut sendirian di sungai ini.
Bidadari Putih           : Sorry, kita semua harus meninggalkanmu disini. Bye. . . bye. . .
Bidadari Ungu            : Sekali agi maaf ya Bidadari Pink.
       Bidadri Pink terus menangis dan sambil mencari selendangnya. Kemudian, datanglah Jata Tarub.
Jaka Tarub    : Hay cewek...!!!
Bidadari Pink : Hai juga.
Jaka tarub     : Kenapa nangis?
Bidadari Pink : Selendangku hilang
Jaka Tarub    : Kug bisa?
Bidadari Pink : Ya ndak tau.
Jaka Tarub    : Itu kan hanya selendang biasa?
Bidadari Pink : Kata siapa selendang biasa. Itu selendang bermanfaat banget untuk aku. Aku tidak bisa pulang ke Negeri Gatoel tanpa selendang itu.
Jaka Tarub    : Ya udah, kita cari sama-sama. Oh iya, kalau boleh tau. Nama kamu siapa?
Bidadari Pink : Aku Bidadari Pink ( Sambil menjabat tangan Jaka Tarub )
Jaka Tarub    : Bidadari Pink,  hari sudah semakin malam. Sebaiknya kita pulang saja, kamu ikut aku ke rumahku.
Biadadari Pink           : Apa kata tetanggamu ntar?
Jaka Tarub    : Tenang saja, aku nggak punya tetangga.
      
Bidadari Pink mengikuti langkah jaka Tarub. Nampak dari kejauhan datanglah Jaka Tinggkir yang sedang berlarian sambil membawa hasil tanggkapan ikannya.
Jaka Tingkir  : Hai Tarub.
Jaka Tarub    : hai Tingkir
Jaka Tingkir  : mana hasil tangkapan ikanmu? Kok malah dapet cewek cantik?
Jaka Tarub    : enak aja kamu, aku tadi tu nolongin cewek ini. Bidadari Pink, kenalin ini sahabatku.
Bidadari Pink : aku Bidadari Pink. ( sambil menjabat tangan jaka Tingkir )
Jaka Tingkir : aku Jaka Tingkir. Senang bisa kenalan dengan kamu.
Jaka Tarub    : Eh, udah malem neh. Pulang yuk!
Jaka Tingkir  : Lho!! Bidadari pInk ikut kamu pulang?
Jaka Tarub    : Iya, soalnya dia lho gak bisa pulang.
Jaka Tingkir  : Oh, begitu. . .
       I bulan kemudian, Jaka Tarub mulai merasa cocok dengan Bidadari Pink. Dan Jaka Tarub memberanikan diri untuk melamar Bidadari Pink untuk dijadikan istrinya.
Jaka Tarub    : Bidadari Pink.
Bidadari Pink : Iya Jaka.
Jaka Tarub    : Sudah satu bulan kamu tinggal dirumahku. Aku merasa ada yang cocok diantara kita. Honey, will you marry me?
Bidadari Pink : Aduh, kamu ini. Ngomong apa sih? ( sambil tersenyum )
Jaka Tarub    : aku ini serius.
Bidadari Pink : Ehm.  . . ( sambil menundukkan kepala dan tersenyum )

       Akhirnya mereka berdua menikah dan beberapa bulan kemudian mereka dikaruniai seorang bayi laki – laki.
Jaka Tarub    : Honey, bayi kita ganteng ya?
Bidadari Pink : Liat tu, hidungnya mirip kayak aku.
Jaka Tarub    : Tapi kan, gantengnya mirip kayak aku.
Bidadari Pink : Iuh, PD banget!! Emank kamu ganteng?
Jaka Tarub    : Kalau gag ganteng, kamu gak mau kan?
Bidadari Pink : Iya, iya. . . kamu ganteng kug!
*
Keesokan harinya
Bidadari Pink : Honey, aku kangen neh sama temen-temenku.
Jaka Tarub    : Temen sapa?
Bidadari Pink : Ya. . . temen-temenku, yaitu Bidadari Putih, Ungu and Biru.
Jaka Tarub    : Uhw. . .
Bidadari Pink : aku mau ke sungai dulu ya, honey. Biar rasa kangen saya terobati.
       Tanpa disadari Bidadari Pink. Ternyata Bidadari Ungu, Putih dan Biru sedang mandi di sungai.
Bidadari Pink : Lho!!! ( kaget ) kalian semua.?
Bidadari Ungu            : Bidadari Pink. . . ( sambil memeluk Bidadari Pink )
Bidadari Putih           : Aku kangen banget sama kamu. . .
Bidadari Biru : Gimana neh kabanya? Sudah lama banget kita semua gag kumpul kayak gini.
Bidadari Pink             : kabarku baik-baik saja.
Bidadari Ungu            : kamu sekarang tinggal sama siapa, Pink?
Bidadari Pink : aku sekarang tinggal sama suamiku.
Bidadari Putih           : Suami...???
Bidadari Pink : Iya suami.
Bidadari Biru : Siapa suami kamu?
Bidadari Pink : Dia adalah Jaka Tarub, yang menolong saya saat saya sendirian di sungai ini melem-malem.
Bidadari Ungu            : Oh begitu. . .
Bidadari Pink : Teman, ayo kita jalan-jalan ke mall yuk?
Bidadari Putih           : Kapan?
Bidadari Pink             : Besok. Aku tunggu di sungai ini ya.
Bidadari Biru : Iya. . .
Bidadari Ungu            : Pink, sudah dulu ya. Kita semua mau pulang.
Bidadari Pink : Iya neh, aku juga. Kasian bayiku ntar. Pasti Jaka Tarub kebingungan dengan bayinya. Hehehe
*
Saat Bidadari Ungu, Putih dan Biru tiba di Negeri Gatoel.
Bidadari Ungu            : Syukur, Bidadari Pink ada yang mau nolong.
Bidadari Putih           : Iya neh! Padahal dulu itu aku khawatir banget sama Bidadari Pink.
Bidadari Biru : Eh, sudah dulu nggosipnya. Kita istirahat aja.
*
Keesokan harinya
       Bidadari Pink meminta ijin kepada Jaka Tarub. Saat itu juga, Bidadari Pink berpesan kepada Jaka Tarub agar tidak membuka dandang sebelum Bidadari Pink pulang.
Bidadari Pink : Honey, aku mall dulu ya..???
Jaka Tarub    : Sama siapa?
Bidadari Pink : Sama temen-temenku. Oh iya Honey, jangan buka dandangnya ya sebelum aku pulang dari mall.
Jaka Tarub    : Lho emank kenapa Honey?
Bidadari Pink : Udah deh nurut aja. Ntar gag aku kasih jatah makan siang lho.
Jaka Tarub    : Iya deh Honey...
       Saat Bidadari Pink di Sungai, tempat dimana para Bidadari mandi.
Bidadari Pink : Hai temen-temen. . .
Bidadari Ungu            : hai Bidadari Pink.
Bidadari Pink : Udah yuk, berangkat!
Bidadari Putih           : Iya neh, ntar keburu siang.

       Saat Bidadari-bidadari pergi ke mall. Jaka Tarub penasaran dengan pesannya Bidadari Pink agar tidak membuka dandang itu.
Jaka Tarub    : Emank ada apa seh dengan dandang itu. Aku buka ah!! ( sambil membuka dandang ). Apa..!!!! ko’ cuma satu butir. Awas kau Bidadari Pink!!!

       Saat Bidadari Pink pulang ke rumah.
Bidadari Pink : Honey.  . . Aku pulang.
Jaka Tarub    : Bidadari Pink, kenapa di dandangnya Cuma ada sebutir beras kan di ricebox masih banyak persediaan beras.
Bidadari Pink : Jadi kamu sudah membuka dandang itu. ( sambil berlari menuju dapur dan menumpahkan beras yang ada di ricebox ). Selendangku... Ko’ ada disini..??? jadi selama ini kamu sudah membohongiku.
Jaka Tarub    : Maafkan aku, Bidadari Pink.
Bidadari Pink : Sudah terlambat kau, Jaka Tarub.
Jaka Tarub    : Maafkan aku. . . sekali lagi aku minta maaf.
Bidadari Pink : Baik aku maafkan, tapi saya harus kembali ke Negeri Gatoel. Karena aku sudah menemukan selendangku.
Jaka Tarub    : tapi, bagaimana dengan anak kita?
Bidadari pink : Setiap malam aku akan datang menengok anak kita.
Jaka Tarub    : Terus, bagaimana dengan aku?
Bidadari Pink : Emank kenapa dengan kamu, kamu kan sudah besar? ( sambil pergi meninggalkan Jaka Tarub )
           
Bidadari Pink akhirnya kembali ke Negeri Gatoel
Bidadari Pink : Hai teman-teman...
Bidadari Ungu            : Hai Bidadari Pink.
Bidadari Putih           : Bidadari Pink?
Bidadari Biru : Lho! Kamu kug kembali?
Bidadari Pink : Iya teman, ternyata selama ini yang menyembunyikan selendangku adalah Jaka Tarub.
Bidadari Ungu            : Uh, DASAR Jaka Tarub SIALAN!!!!
Bidadari Putih           : Lalu gimana dengan anakmu?
Bidadari Pink :Setiap malam, aku kembali ke rumah Jaka Tarub. Untuk menengok anakku.
Bidadari Biru : Syukurlah, kamu sudah kembali.
            Ternyata selama ini yang menyembunyikan selendang Bidadari Pink adalah Jaka Tarub.

Sepandai-pandainya tupai melompat
Pasti akan jatuh juga
Sepandai-pandainya menyembunyikan kebohongan
Pasti akan ketahuan juga

THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar